Sabtu, 07 Juni 2014

Business Plan Parfum Refill (Isi Ulang Parfum)



KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL BUSINESS PLAN
PARFUM REFILL (ISI ULANG PARFUM)

OLEH :
DESI MARIASTUTI
NIM. 11 651 020

DOSEN PENGAMPU :
H. Mat Juri, S.E., M.M

AKUNTANSI MANAJERIAL
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
TAHUN 2014

KATA PENGANTAR
          Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan penyertaan-Nya jugalah penulisan proposal ini dapat diselesaikan. Penulis menyadari bahwa proposal ini sangat sederhana dan sungguh karena berkat limpahan rahmat -Nya tim penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini demi memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.

          Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, Bapak H. Mat Juri, S.E., M.M  yang turut membantu pembuatan proposal ini. Penyusunan proposal ini juga dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu tim penulis mengucapkan banyak terimakasih.

          Kami menyadari bahwa dalam proposal ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi lebih baiknya kinerja kami yang akan datang. Semoga proposal ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi semua pihak.


Samarinda,    12 Mei  2014


Penulis,








BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Usaha
Parfum adalah wewangian atau bau-bauan yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, bunga-bungaan, kayu-kayuan, biji-bijian, akar-akaran, dan bahan-bahan lain yang sekiranya dapat dijadikan bahan baku parfum dengan cara diekstrak dengan metode penyulingan ataupun cara lain yang dikenal pada umumnya. Bahan-bahan tersebut adalah sumber dari wewangian yang kita cium dan kita temukan di berbagai tempat.
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena memberikan keharuman dan kesegaran bagi  penggunanya, selain itu dapat menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat  menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Saat ini sudah banyak pelaku usaha baik yang berpengalaman maupun pemula  mulai dari kota besar di Indonesia sampai  daerah-daerah kabupaten terpencil membuka Usaha Parfum Refill dan bisa kita jumpai mulai dari toko parfum pinggir jalan sampai dengan mall, parfum refill banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari golongan menengah kebawah sampai kalangan menengah ke atas rutin membeli parfum refill ini. Beberapa kelebihan parfum refill diantaranya karena harganya yang terjangkau, parfum refill memiliki kelebihan wangi yang beragam jenis dan konsumen bebas memilih parfum sesuai keinginannya, selain itu parfum refill pun tahan lama.
Aroma Parfum Refill yang wangi dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas dan akan kembali datang untuk membeli parfum refill tersebut. Seperti kita ketahui, bibit parfum adalah parfum yang murni tanpa campuran alkohol dan ini membuat bibit parfum tidak perlu banyak dioleskan untuk membuat tubuh kita menebarkan aroma harum dan segar. Sedikit saja kita memakai parfum tersebut maka aromanya sudah begitu kuat dan yang pasti lebih tahan lama dibandingkan dengan parfum beralkohol.
Hal inilah yang membuat trend bisnis bibit parfum berkembang pesat di berbagai daerah terutama di kota-kota besar dimana para individunya sangat mengutamakan dan memperhatikan penampilan mereka. Selain didukung dengan peralihan orang dari menggunakan parfum beralkohol ke bibit parfum murni non alkohol, maka inilah saat yang tepat bagi kita untuk memulai merintis bisnis usaha parfum.
Banyak keunggulan bibit parfum dibandingkan dengan parfum beralkohol biasa adalah dari segi daya tahannya yang lebih kuat karena masih murni tanpa campuran alkohol dan bagi  seorang muslim, maka dengan menggunakan bibit parfum tidak perlu khawatir tidak sah untuk melaksanakan sholat. Jadi, lebih bebas beraktifitas rohani tanpa perlu repot-repot harus mandi atau membasuhnya terlebih dahulu karena bibit parfum ini murni 100% bebas dari alkohol. Namun bagi yang ingin menggunakan alkohol, bibit parfum bisa dicampur dengan alcohol dengan perbandingan 50 : 50.

 
 BAB II
BUSINESS PLAN

A.           Visi dan Misi

a.      Visi
Membantu masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian dengan modal yang tidak terlalu besar.
b.      Misi
Melayani kebutuhan parfum secara maksimal sehingga keberhasilan dan kepuasan dapat dirasakan bersama.

B.            Identifikasi Usaha
·       Nama Usaha       : Mar_Ghin Parfum
·       Pemilik Usaha     : Desi Mariastuti
·       Alamat Usaha      : Bontang
·       Contact Person   : 0853xxxxxxx
C.           Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha yang saya jalankan masih disekitar perumahan saya. Sebab usaha ini masih merupakan usaha kecil-kecilan.

 BAB III
ANALISIS USAHA

A.           Rencana Produk
Usaha saya adalah usaha yang bergerak dalam bidang isi ulang parfum. Ide menjalankan usaha di bidang pulsa ini berawal dari saya yang sering isi ulang parfum. Dan melihat kondisi di sekitar tempat tinggal saya belum ada yang membuka isi ulang parfum, sedangkan kebutuhan akan isi ulang parfum meningkat.

B.            Rencana Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan Mar_Ghin Parfum ini adalah :
·           Menjual berbagai merek atau aroma parfum
·           Harga yang terjangkau untuk masyarakat
·           Tempat yang nyaman

BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

A.           Jenis Produk
Menjual berbagai macam merek atau aroma bibit parfum.

B.            Prospek Usaha
          Bisnis yang saya jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini, semakin banyak orang yang memperhatikan penampilannya salah satunya yaitu dengan menggunakan parfum. Makin meningkatnya kebutuhan permintaan berbagai aroma atau merek parfum, mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di bidang isi ulang parfum ini.

C.           Rencana Produksi
Saya memilih untuk menjualnya di sekitar tempat tinggal saya. fasilitas yang diperlukan untuk melayani jasa dibidang pengisian parfum ini adalah :
·           2 etalase kecil untuk meletakkan berbagai macam botol kosong dan botol parfum dengan berbagai aroma dan merek. 
·           2 etalase besar untuk meletakkan berbagai bibit parfum.
·           4 kursi apabila konsumen terlalu lama menunggu.

Untuk meningkatkan kualitas output, maka selalu mengamati perkembangan teknologi dan riset produk atau uji coba produk. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha adalah ketersediaan bahan baku untuk proses produksi.
Luas usaha yang akan dikembangkan adalah kapasitas 500 botol perhari. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola produksi kontinyu dan ruko atao kios sehingga setiap waktu selalu menghasilkan minyak wangi non alkohol tanpa terpengaruh waktu dan musim. 

BAB V
RENCANA PEMASARAN

A.           Analisis Persaingan Usaha (SWOT)
a.         Strength / Kekuatan
·       Harga yang tidak terlalu tinggi / terjangkau
·       Menjual berbagai jenis aroma parfum dengan berbagai ukuran botol
·       Meningkatkan penjualan dengan berbagai promosi salah satunya, penjualan konsinyasi / menjual parfum dengan dititipkan ke warung-warung.
b.        Weakness / Kelemahan
·       Banyaknya pesaing
·       Bahan baku yang cukup mahal sehingga kesulitan untuk menentukan harga jual parfum yang murah
c.         Opportunities / Kesempatan

·       Banyaknya konsumen karena bisa dipastikan bahwa semua orang ingin tampil rapi dan wangi
·       Menjadikan Peluang bisnis yang menjanjikan
d.      Threat / Ancaman
·      Banyaknya pesaing yang semakin meningkat
·      Kurangnya kepercayaan konsumen
·      Persaingan harga

B.            Analisis 4P (Product, Price, Promotion, Place)
a.         Product
·      Type
Isi ulang parfum
·      Brand
Mar_Ghin Parfum

b.        Price
Estimasi Penjualan isi ulang parfum :
No
Ukuran
Jenis
Harga
1
8 ml
Oles
Rp. 8.000
2
10 ml
Oles
Rp. 10.000
3
15 ml
Semprot
Rp. 17.000
4
30 ml
Semprot
Rp. 25.000
5
50 ml
Semprot
Rp. 45.000
6
100 ml
Semprot
Rp. 95.000
7
125ml
Semprot
Rp. 115.000

c.         Promotion
·      Membagikan brosur
·      Membuat sampel kecil-kecil dan dibagikan secara cuma-Cuma
·      Menitipkan parfum ke warung – warung (Penjualan Konsinyasi)
d.        Place
Berlokasi Jl. Sultan Hasanuddin di depan rumah (Bontang), samping swalayan.

C.           Target dan Segmentasi Pasar
a.         Geografi
Wilayah yang saya jadikan target usaha yaitu di sekitar tempat tinggal saya.
b.        Demografi
Berdasarkan demografi, saya menjual di sekitar tempat tinggal saya untuk mempermudah orang-orang di sekitar tempat tinggal saya untuk mengisi ulang parfum.
D.           Strategi Pemasaran
a.         Perkenalan Bisnis
Usaha yang saya jalankan bergerak di bidang isi ulang parfum dengan harga yang terjangkau.
b.        Media Pemasaran
Dengan Membuka satu kios dan promosi melalui brosur dan membagikan sampel secara cuma-cuma.


BAB VI
RENCANA PERMODALAN

A.           Biaya Awal

No.
Uraian
Jumlah Unit
Satuan
Harga/satuan
Harga Biaya
1.
Etalase kecil
2
unit
Rp. 1.500.000
Rp.   3.000.000
2.
Etalase besar
2
unit
Rp. 4.000.000
Rp.   8.000.000
3.
Botol Isi Ulang
500
Satuan
Rp.        5.000
Rp.   2.500.000
4.
Botol Roll On
50
Lusin
Rp.      15.000
Rp.      750.000
5.
Sewa Tempat+Listrik
1
Bulan
Rp. 1.000.000
Rp.   1.000.000
6.
Kursi
4
Buah
Rp.      25.000
Rp.      100.000
7.
Gaji Karyawan
1
Orang
Rp.    800.000
Rp.      800.000
Total



Rp. 16.150.000


B.            Modal Awal
Untuk membeli bibit parfum yaitu sebanyak 80 unit dengan perunit sebanyak 500 ml
@ Rp. 400.000 = Rp. 32. 000.000
Total biaya awal = Rp 16.150.000, jadi Total modal awal = Rp 48.150.000
Rincian Modal :
1.        Modal sendiri / Pribadi                               : Rp. 13.150.000,-
2.        Pinjaman :
-       Orang Tua          : Rp. 15.000.000,-
-       Bank                  : Rp. 20.000.000,-
: Rp. 35.000.000.-
: Rp. 48.150.000,-

C.           Analisis Keuntungan
Jika dalam sehari  menjual 10 botol (roll oles 10 ml) @ Rp. 10.000        = Rp.     100.000
dan 20 botol ( semprot 15 ml) @ Rp. 17.000                                        = Rp.     340.000
Keuntungan per hari                                                                              = Rp.     440.000
Keuntungan per bulan = Rp 440.000 x 30                                             = Rp 13.200.000

D.           Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 48.150.000 : Rp 13.200.000= 3,7 bulan (97 hari)

BAB VII
RENCANA ORGANISASI


Rencana Organisasi usaha hanya terdiri dari dua orang saja, yaitu pemilik usaha dan karyawan.

BAB VIII
RESIKO

B.            Resiko yang mungkin terjadi dalam menjalankan usaha
a.         Adanya persaingan
b.        Harga bahan baku yang cukup mahal sehingga susah menentukan harga jual yang murah
c.         Harga yang bertentangan dengan pesaing lain

BAB IX
PENUTUP


A.           Kesimpulan
Usaha dibidang pengisian parfum ini memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan isi ulang parfum semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena setiap orang ingin tampil rapi, mempesona dan wangi di hadapin orang lain. Sasaran konsumen yaitu anak-anak, remaja dan dewasa. Tetapi yang paling banyak adalah remaja.
B.            Saran
Usaha isi ulang parfum ini tidak memerlukan kreativitas maupun keterampilan. Dalam menjalankan usaha ,yang diperlukan adalah ketelitian dan kecermatan dalam membuat atau mencampurkan bibit parfum dengan bahan lain.













    

6 komentar:

  1. Terima kasih banyak sangat bermanfaat sekali
    Download Film Gratis

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Produk dan Harga Parfum.

    ----------

    BalasHapus
  3. Terimakasih, sangat membantu

    BalasHapus
  4. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160,000 men and women are trying a easy and SECRET "liquid hack" to burn 1-2lbs each and every night as they sleep.

    It is very easy and works every time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Go get a clear glass and fill it with water half full

    2) And then use this strange hack

    so you'll become 1-2lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus