KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
BUSINESS PLAN
PARFUM
REFILL (ISI ULANG PARFUM)
OLEH :
DESI
MARIASTUTI
NIM.
11 651 020
DOSEN
PENGAMPU :
H.
Mat Juri, S.E., M.M
AKUNTANSI
MANAJERIAL
POLITEKNIK
NEGERI SAMARINDA
TAHUN
2014
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena
atas rahmat dan penyertaan-Nya jugalah penulisan proposal ini dapat
diselesaikan. Penulis menyadari bahwa proposal ini sangat sederhana dan
sungguh karena berkat limpahan rahmat -Nya tim penulis dapat menyelesaikan
penyusunan proposal ini demi memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan.
Dalam
kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Dosen
Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, Bapak H. Mat Juri, S.E., M.M yang turut membantu pembuatan proposal ini.
Penyusunan proposal ini juga dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai
pihak. Oleh karena itu tim penulis mengucapkan banyak terimakasih.
Kami
menyadari bahwa dalam proposal ini masih banyak terdapat kekurangan, sehingga
dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun demi lebih baiknya kinerja kami yang akan datang. Semoga proposal ini
dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi
semua pihak.
Samarinda, 12
Mei 2014
Penulis,
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Usaha
Parfum adalah wewangian atau bau-bauan yang berasal dari
ekstrak tumbuh-tumbuhan, bunga-bungaan, kayu-kayuan, biji-bijian, akar-akaran,
dan bahan-bahan lain yang sekiranya dapat dijadikan bahan baku parfum dengan
cara diekstrak dengan metode penyulingan ataupun cara lain yang dikenal pada
umumnya. Bahan-bahan tersebut adalah sumber dari wewangian yang kita cium dan
kita temukan di berbagai tempat.
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah
dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena
memberikan keharuman dan kesegaran bagi penggunanya, selain itu dapat
menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat
menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau
badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga
hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Saat ini sudah banyak pelaku usaha baik yang berpengalaman
maupun pemula mulai dari kota besar di Indonesia sampai
daerah-daerah kabupaten terpencil membuka Usaha Parfum Refill dan bisa kita
jumpai mulai dari toko parfum pinggir jalan sampai dengan mall, parfum refill
banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari golongan menengah
kebawah sampai kalangan menengah ke atas rutin membeli parfum refill ini.
Beberapa kelebihan parfum refill diantaranya karena harganya yang terjangkau,
parfum refill memiliki kelebihan wangi yang beragam jenis dan konsumen bebas
memilih parfum sesuai keinginannya, selain itu parfum refill pun tahan lama.
Aroma Parfum Refill yang wangi dan tahan lama serta memiliki
kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas dan akan kembali datang
untuk membeli parfum refill tersebut. Seperti kita ketahui, bibit parfum adalah parfum yang murni
tanpa campuran alkohol dan ini membuat bibit parfum tidak perlu banyak
dioleskan untuk membuat tubuh kita menebarkan aroma harum dan segar. Sedikit
saja kita memakai parfum tersebut maka aromanya sudah begitu kuat dan yang
pasti lebih tahan lama dibandingkan dengan parfum beralkohol.
Hal inilah yang membuat trend bisnis bibit parfum berkembang
pesat di berbagai daerah terutama di kota-kota besar dimana para individunya
sangat mengutamakan dan memperhatikan penampilan mereka. Selain didukung dengan
peralihan orang dari menggunakan parfum beralkohol ke bibit parfum murni non
alkohol, maka inilah saat yang tepat bagi kita untuk memulai merintis bisnis
usaha parfum.
Banyak keunggulan bibit parfum dibandingkan dengan parfum
beralkohol biasa adalah dari segi daya tahannya yang lebih kuat karena masih
murni tanpa campuran alkohol dan bagi seorang muslim, maka dengan menggunakan bibit
parfum tidak perlu khawatir tidak sah untuk melaksanakan sholat. Jadi, lebih
bebas beraktifitas rohani tanpa perlu repot-repot harus mandi atau membasuhnya
terlebih dahulu karena bibit parfum ini murni 100% bebas dari alkohol. Namun
bagi yang ingin menggunakan alkohol, bibit parfum bisa dicampur dengan alcohol dengan
perbandingan 50 : 50.
BAB
II
BUSINESS
PLAN
A.
Visi dan Misi
a.
Visi
Membantu masyarakat
agar dapat meningkatkan perekonomian dengan modal yang tidak terlalu besar.
b.
Misi
Melayani kebutuhan parfum secara maksimal sehingga
keberhasilan dan kepuasan dapat dirasakan bersama.
B.
Identifikasi Usaha
· Nama Usaha : Mar_Ghin
Parfum
· Pemilik Usaha : Desi
Mariastuti
·
Alamat
Usaha : Bontang
·
Contact
Person : 0853xxxxxxx
C.
Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha yang saya
jalankan masih disekitar perumahan saya. Sebab usaha ini masih merupakan usaha
kecil-kecilan.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana Produk
Usaha saya adalah usaha yang bergerak dalam bidang isi ulang
parfum. Ide menjalankan usaha di bidang pulsa ini berawal dari saya yang sering
isi ulang parfum. Dan melihat kondisi di sekitar tempat tinggal saya belum ada
yang membuka isi ulang parfum, sedangkan kebutuhan akan isi ulang parfum meningkat.
B.
Rencana Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan
Mar_Ghin Parfum ini adalah :
·
Menjual
berbagai merek atau aroma parfum
·
Harga
yang terjangkau untuk masyarakat
·
Tempat
yang nyaman
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.
Jenis
Produk
Menjual berbagai macam merek atau aroma bibit parfum.
B.
Prospek Usaha
Bisnis
yang saya jalani ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini,
semakin banyak orang yang memperhatikan penampilannya salah satunya yaitu
dengan menggunakan parfum. Makin meningkatnya kebutuhan permintaan berbagai
aroma atau merek parfum, mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di
bidang isi ulang parfum ini.
C.
Rencana Produksi
Saya memilih untuk menjualnya di sekitar tempat tinggal
saya. fasilitas yang diperlukan untuk melayani jasa dibidang pengisian parfum
ini adalah :
·
2
etalase kecil untuk meletakkan berbagai macam botol kosong dan botol parfum
dengan berbagai aroma dan merek.
·
2
etalase besar untuk meletakkan berbagai bibit parfum.
·
4
kursi apabila konsumen terlalu lama menunggu.
Untuk meningkatkan kualitas output,
maka selalu mengamati perkembangan teknologi dan riset produk atau uji coba
produk. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha adalah ketersediaan bahan
baku untuk proses produksi.
Luas usaha yang akan dikembangkan
adalah kapasitas 500 botol perhari. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola
produksi kontinyu dan ruko atao kios sehingga setiap waktu selalu menghasilkan
minyak wangi non alkohol tanpa terpengaruh waktu dan musim.
BAB V
RENCANA PEMASARAN
A.
Analisis Persaingan Usaha (SWOT)
a.
Strength / Kekuatan
·
Harga
yang tidak terlalu tinggi / terjangkau
·
Menjual
berbagai jenis aroma parfum dengan berbagai ukuran botol
·
Meningkatkan
penjualan dengan berbagai promosi salah satunya, penjualan konsinyasi / menjual
parfum dengan dititipkan ke warung-warung.
b.
Weakness
/ Kelemahan
·
Banyaknya
pesaing
·
Bahan
baku yang cukup mahal sehingga kesulitan untuk menentukan harga jual parfum
yang murah
c.
Opportunities / Kesempatan
·
Banyaknya konsumen karena bisa
dipastikan bahwa semua orang ingin tampil rapi dan wangi
· Menjadikan Peluang bisnis yang
menjanjikan
d. Threat / Ancaman
· Banyaknya
pesaing yang semakin meningkat
· Kurangnya kepercayaan konsumen
· Persaingan harga
B.
Analisis 4P (Product, Price,
Promotion, Place)
a.
Product
· Type
Isi ulang parfum
· Brand
Mar_Ghin Parfum
b.
Price
Estimasi Penjualan isi ulang parfum :
No
|
Ukuran
|
Jenis
|
Harga
|
1
|
8 ml
|
Oles
|
Rp. 8.000
|
2
|
10 ml
|
Oles
|
Rp.
10.000
|
3
|
15 ml
|
Semprot
|
Rp. 17.000
|
4
|
30 ml
|
Semprot
|
Rp. 25.000
|
5
|
50 ml
|
Semprot
|
Rp. 45.000
|
6
|
100 ml
|
Semprot
|
Rp. 95.000
|
7
|
125ml
|
Semprot
|
Rp. 115.000
|
c.
Promotion
· Membagikan brosur
· Membuat sampel kecil-kecil dan
dibagikan secara cuma-Cuma
· Menitipkan parfum ke warung – warung
(Penjualan Konsinyasi)
d.
Place
Berlokasi Jl. Sultan Hasanuddin di
depan rumah (Bontang), samping swalayan.
C.
Target dan Segmentasi Pasar
a.
Geografi
Wilayah
yang saya jadikan target usaha yaitu di sekitar tempat tinggal saya.
b.
Demografi
Berdasarkan
demografi, saya menjual di sekitar tempat tinggal saya untuk mempermudah
orang-orang di sekitar tempat tinggal saya untuk mengisi ulang parfum.
D.
Strategi Pemasaran
a.
Perkenalan
Bisnis
Usaha
yang saya jalankan bergerak di bidang isi ulang parfum dengan harga yang
terjangkau.
b.
Media Pemasaran
Dengan Membuka satu kios dan promosi
melalui brosur dan membagikan sampel secara cuma-cuma.
BAB
VI
RENCANA
PERMODALAN
A.
Biaya
Awal
No.
|
Uraian
|
Jumlah
Unit
|
Satuan
|
Harga/satuan
|
Harga
Biaya
|
1.
|
Etalase
kecil
|
2
|
unit
|
Rp.
1.500.000
|
Rp. 3.000.000
|
2.
|
Etalase
besar
|
2
|
unit
|
Rp.
4.000.000
|
Rp. 8.000.000
|
3.
|
Botol
Isi Ulang
|
500
|
Satuan
|
Rp. 5.000
|
Rp.
2.500.000
|
4.
|
Botol
Roll On
|
50
|
Lusin
|
Rp. 15.000
|
Rp. 750.000
|
5.
|
Sewa
Tempat+Listrik
|
1
|
Bulan
|
Rp.
1.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
6.
|
Kursi
|
4
|
Buah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 100.000
|
7.
|
Gaji
Karyawan
|
1
|
Orang
|
Rp. 800.000
|
Rp. 800.000
|
Total
|
Rp. 16.150.000
|
B.
Modal Awal
Untuk membeli bibit
parfum yaitu sebanyak 80 unit dengan perunit sebanyak 500 ml
@ Rp. 400.000 = Rp.
32. 000.000
Total biaya awal = Rp 16.150.000, jadi Total modal awal = Rp 48.150.000
Rincian
Modal :
1.
Modal sendiri / Pribadi :
Rp. 13.150.000,-
2.
Pinjaman :
- Orang
Tua : Rp. 15.000.000,-
- Bank : Rp. 20.000.000,-
: Rp. 35.000.000.-
: Rp. 48.150.000,-
C.
Analisis
Keuntungan
Jika dalam sehari menjual 10 botol (roll oles 10 ml) @ Rp.
10.000 = Rp. 100.000
dan 20 botol ( semprot 15 ml) @ Rp.
17.000 =
Rp. 340.000
Keuntungan per hari =
Rp. 440.000
Keuntungan per bulan = Rp 440.000 x 30 = Rp 13.200.000
D.
Pengembalian Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 48.150.000 : Rp 13.200.000= 3,7 bulan
(97 hari)
BAB
VII
RENCANA
ORGANISASI
Rencana Organisasi
usaha hanya terdiri dari dua orang saja, yaitu pemilik usaha dan karyawan.
BAB VIII
RESIKO
B.
Resiko yang mungkin terjadi dalam
menjalankan usaha
a.
Adanya persaingan
b.
Harga bahan baku yang cukup mahal
sehingga susah menentukan harga jual yang murah
c.
Harga yang bertentangan dengan pesaing
lain
BAB
IX
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Usaha dibidang pengisian parfum ini
memberikan peluang pasar yang sangat luas. Sekarang permintaan konsumen akan
isi ulang parfum semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena setiap orang
ingin tampil rapi, mempesona dan wangi di hadapin orang lain. Sasaran konsumen
yaitu anak-anak, remaja dan dewasa. Tetapi yang paling banyak adalah remaja.
B.
Saran
Usaha
isi ulang parfum ini tidak memerlukan kreativitas maupun keterampilan. Dalam
menjalankan usaha ,yang diperlukan adalah ketelitian dan kecermatan dalam
membuat atau mencampurkan bibit parfum dengan bahan lain.
sukses selalu...
BalasHapusTerima kasih banyak sangat bermanfaat sekali
BalasHapusDownload Film Gratis
Terima kasih infonya gan.
BalasHapusLumayan buat nambah elmu.
Gema Parfum
Produk dan Harga Parfum.
----------
Terimakasih, sangat membantu
BalasHapusWater Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT
BalasHapusMore than 160,000 men and women are trying a easy and SECRET "liquid hack" to burn 1-2lbs each and every night as they sleep.
It is very easy and works every time.
Here's how you can do it yourself:
1) Go get a clear glass and fill it with water half full
2) And then use this strange hack
so you'll become 1-2lbs lighter when you wake up!
jasa las bandung
BalasHapus